Memulai Usaha Toko Handphone

Etalase Toko Handphone
T I P S B I S N I S Memulai Usaha Toko Handphone

1. Siapkan surat izin usaha.
(bisa di peroleh di kantor deperindag setempat) karena legalitas sangat penting untuk memulai usaha.

2. Minta vendor
(bisa dari operator selular maupun pemegang brand handphone tertentu) untuk mendekor toko anda. Umumnya mereka menyediakan fasilitas dekor kepada para pemilik toko
yang bersedia dibrand merek mereka. biasanya berikut papan reklame, sehingga biaya renovasi bisa di minimalkan bahkan nihil,tapi usahakan cari lokasi yang strategis, agar lebih mudah di approve sama vendor ybs.

3. Bikin etalase pendek dengan bangku duduk
(konsumen biasanya lebih nyaman bertransaksi dengan bangku duduk daripada bangku bar yang agak tinggi).

4. Sediakan pajangan hp dalam bentuk contoh (dummy)
karena hp baru dalam keadaan terpacking jadi tidak bisa menunjukkan secara fisik untuk calon pembeli anda (harga dummy bervariasi tergantung kualitas bahan yang di pakai dan tipe hpnya berkisar antara harga 25.000 s/d 200.000 per pcs).

5. Cukup sediakan stok hp baru sedikit saja
karena fluktuasi harga yang tajam sehingga meminimalkan resiko kerugian,saran saya untuk tipe handphone high end dengan harga 3jt keatas tidak perlu di stok karena penurunan harganya bisa sangat drastis (tapi tentunya kalau ada permintaan rutin dan pasarnya yang disasar adalah untuk tipe hp high end bisa di kecualikan).

6. Voucher bisa disediakan dalam bentuk elektronik
tapi ada beberapa item yang tidak tersedia dalam bentuk electronik jadi juga harus sedia dalam bentuk fisik juga.(voucher electronik bisa didapat dari distributor operator resmi yang ada di kota anda,saran saya carilah sumber yang bisa dipercaya karena terkadang terjadi gangguan dalam pengisian electronik,jadi usahakan distributor anda bisa mengcover anda agar tidak terjadi double pengisian dan kerugian di pihak anda)

7. Sebagai pelengkap sediakan asesories handphone yang komplit.
Anda bisa menawarkan kepada konsumen anda yang membeli handphone di tempat anda,jadi kadang2 margin handphone baru yang sedikit bisa ditambah dengan menjual asesoriesnya seperti cover atau sarung or head set bahkan anti gores layar yang tidak terdapat dalam paket pembelian
(tidak perlu terlalu banyak,yang penting sediakan untuk tipe-tipe handphone yang laris).

Karena transaksi lebih banyak membutuhkan negosiasi dan keputusan langsung maka sangat disarankan anda tidak menyerahkan seluruh operasional kepada staf anda, jadi untuk permulaan di butuhkan kerja keras dan perhatian anda sepenuhnya sampai anda menemukan sistem manajemen staf dan stok barang yang baik.

Prospek margin tertinggi adalah transaksi untuk handphone second,bisa dibilang life blood toko berasal dari margin handphone second,jadi fokuslah (rajin rajinlah mencari handphone second diluar toko dan usahakan setiap konsumen anda yang hendak menjual hpnya jangan sampai lewat, terutama apabila hp masih dalam kondisi yang baik dan legal (bukan hasil kejahatan).

Saran jangan terpaku pada fixed cost yang tinggi.(seperti kontrak toko yang panjang dan mahal) atau stok barang yang terlalu banyak, lebih baik modal yang ada digunakan untuk perputaran transaksi jual dan beli.

Demikian sedikit tips semoga sukses dengan toko hp Anda

Ekawaty